Minggu, 22 Mei 2011

Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Aliansi Stratejik Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Abstract
This research head for analyse the effect of inter variable to answered set problems how is innovation product, strategic alliance and the change of environment create competitive advantage to improve company performance. This research gives teoritic implication along with managerial implication concern pace wich have to take by PT. Pos Indonesia to improve their company performance pass through competitive advantage which got from product innovation, strategic alliance and change of environment. Population in this research is post office in region VI Central Java and DIY has on-line. From 272 quesionair has spread, come back 111. Answer data from respondent afterwards it’s analysed with research model which developed from teoritic frame using analysis confirmatory SEM. From result of analyse data seen from six hypotesis just four which accepted. Change of environment proven has an positively effect for strategic alliance and competitive advantage, strategic alliance have an positive effect for competitive advantage and competitive advantage have an positive effect for company performance. Innovation product proved doesn’t have effect to strategic alliance and competitive advantage. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan bagaimana inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh PT. Pos Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui keunggulan kompetitif yang didapat dari inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kantor pos di wilayah VI Jateng dan DIY yang sudah on-line. Dari 272 kuesioner yang disebar, yang kembali hanya 111. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis data terlihat bahwa dari enam hipotesis, hanya empat yang diterima. Perubahan lingkungan terbukti berpengaruh positif terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif, aliansi stratejik berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Inovasi produk terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Comment Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Isi Buku Tamu Ya....!


ShoutMix chat widget
 
Powered by Blogger