Abstract
In principle, performance is a result being intended by a worker on precluded criteria. In practice, however, one who implements it needs to consider some factors such as organizational culture, locus of control and job satisfaction. The research aims to analyze direct effects of organizational culture, locus of control, and job satisfaction on employee performance, and indirect effects of organizational culture and locus of control on employee performance. Intervening variable in this research is job satisfaction of the employee of Tax Service Office of Semarang Barat. Populations of the research are derived from all employee who works at Tax Service Office of Semarang Barat having been officially civil servants. There are 152 individuals who attend a random sampling process and 100 of them become respondents. Models to be developed during the research are five hypothetical models, which go for The Structural Equation Model (SEM) method of AMOS 4.0 analytical device. The result of research indicate that variable of organizational culture, locus of control and job satisfaction directly have a positive and significant influence on employee performance. The indirect effect at variable of employee performance, variable of organizational culture and locus of control have a positive and significant influence on job satisfaction. In addition, job satisfaction has a positive and significant influence on employee performance. Implication of the policy to be proposed by the manager of Tax Service Office of Semarang Barat is organizational culture application, control on locus of control and establishment of employee job satisfaction in order to improve their performance. Abstrak : Kinerja pada dasarnya merupakan suatu hasil yang dicapai oleh pekerja menurut standar atau kriteria yang ditetapkan sesuai dengan pekerjaan tertentu. Dalam implementasinya, kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain budaya organisasi, locus of control dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung budaya organisasi, locus of control dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh budaya organisasi dan locus of control terhadap kinerja karyawan secara tidak langsung, yaitu melalui variabel intervening kepuasan kerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 152 karyawan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dan jumlah sampel yang diambil ditentukan sebanyak 100 responden/karyawan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari lima hipotesis yang diuji dengan menggunakan metode The Structural Equation Model (SEM) dari paket statistik AMOS 4.0. sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi, locus of control dan kepuasan kerja secara langsung mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengaruh tidak langsung terhadap variabel kinerja karyawan, variabel budaya organisasi dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Selanjutnya, kepuasan kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Implikasi kebijakan yang perlu dilakukan oleh pimpinan Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat adalah penerapan budaya organisasi, pengendalian locus of control dan menciptakan kepuasan kerja karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan.
Rumusan Masalah :
Dari uraian latar belakang diatas dalam penelitian ini masalah tersebut dapat
dirumuskan sebagai berikut :
1. Apakah budaya organisasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja
karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
2. Apakah locus of control mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan
pada Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
3. Apakah kepuasan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan pada
Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
4. Apakah budaya organisasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan pada
Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
5. Apakah locus of control mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan pada
Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Tinggalkan Comment Anda